BILANGAN SAMPAI DENGAN 10
1. Menghitung dan Mengurutkan
Benda Sampai Dengan 5
a. Membilang atau menghitung
secara urut
b. Menyebutkan banyak benda
c. Membandingkan dua kumpulan
benda
d. Membaca dan menulis lambang
bilangan
1) Membaca lambang bilangan
Lambang
bilangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Cara
membaca
|
Satu
|
Dua
|
Tiga
|
Empat
|
Lima
|
2) Menulis lambang bilangan
· 1 ikan diwarnai
Tulis
lambang bilangan 1 dibukumu
· 2 ayam diwarnai
Tulis
lambing bilangan 3 dibukumu
e. Mengurutkan sekelompok
bilangan yang berpola teratur dari terkecil atau terbesar
f. Membilang loncat sampai
dengan 5
Contoh
:
Membilang
loncat 2 dari lambang bilangan 1
Satu dua tiga empat lima
1 2 3 4 5
g. Mengurutkan sekelompok
bilangan dari terkecil atau terbesar
2. Menjumlah dan mengurang bilangan
sampai dengan 5
a. Menyatakan masalah
sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan
Contoh
:
· Satu pensil ditambah satu
pensil sama dengan dua pensil
1 + 1 = 2
· Lima bola dikurangi empat
bola sama dengan satu bola
5 –
4 = 1
b. Menerjemahkan bentuk
penjumlahan dan pengurangan
c. Membaca dan menggunakan
symbol +, -, dan =
1. Penjumlahan
a) Menjumlahkan satu bilangan
dengan bilangan yang lain
· Satu jeruk ditambah dua
jeruk sama dengan tiga jeruk
1
+ 2 = 3
b) Mengenal sifat pertukaran
pada penjumlahan
· Satu jeruk ditambah
dua jeruk sama dengan tiga jeruk
1 +
2 = 3
2 +
1 = 3
c) Menentukan pasangan
bilangan yang jumlahnya diketahui terbesar 5
d) Menyelesaikan soal cerita
sederhana
Contoh
:
Umi
mempunyai dua pensil
Ia
membeli lagi tiga pensil
Berapa
pensil umi sekarang?
2 + 3 = 5
Pensil
umi sekarang 5
2. pengurangan
a) mengurangkan satu bilangan
dari bilangan lain (1 sampai dengan 5)
· lima jeruk dikurangi tiga
jeruk sama dengan 2 jeruk
5 –
3 = 2
b) mengenal bilangan nol
melalui pengurangan
· satu ikan dimakan satu ikan
sisanya tidak ada
1 –
1 = 0
c) menyelesaikan soal cerita
sederhana
contoh
:
soni
memiliki 3 balon
balon
itu meletus 1
berapa
balon yang tidak meletus
3 – 1 = 2
Balon
soni yang tidak meletus adalah 2 balon
3. penjumlahan dan pengurangan
a) menjumlahkan dan mengurangi
dengan bilangan nol
contoh
:
1 +
0 = 1
1 –
0 = 1
2 +
0 = 2
b) memecahkan masalah
sehari-hari dengan penjumlahan dan pengurangan
contoh
:
yuda
mempunyai lima balon
balon
itu diberikan kepada deni 2
berapa
balon yuda sekarang?
5 – 2 = 3
Balon
yuda sekarang 3
c) mengingat penjumlahan dan
pengurangan sampai dengan 5
contoh
:
2 +
1 = 3
4 –
1 = 3
5 –
3 = 2
3. Menghitung dan mengurutkan
banyak benda sampai dengan 10
a. Membilang atau menghitung
secara urut
Contoh
:
b. Menyebutkan banyak benda
c. Membandingkan dua kumpulan
benda
d. Membaca dan menulis lambang
bilangan
1) Membaca lambang bilangan
Bacalah
dari kanan ke kiri
Lambang
bilangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Cara
membaca
|
Satu
|
Dua
|
Tiga
|
Empat
|
Lima
|
2) Menulis lambang bilangan
e. Mengurutkan sekelompok
bilangan yang berpola teratur
f. Membilang loncat sampai
dengan 10
g. Mengurutkan sekelompok
bilangan dari terkecil ke terbesar
a. Menyatakan masalah
sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan
Contoh
:
· Lima tomat di tambah satu
tomat sama dengan enam tomat
5 + 1 = 6

.jpg)

· Enam minggu dikurangi dua minggu sama dengan
empat mangga
6 – 2 = 4
b. Menerjemahkan bentuk
penjumlahan dan pengurangan dalam kalimat sehari-hari
c. Membaca dan menggunakan
symbol +, - dan =
1. penjumlahan
a) menjumlah dua bilangan yang
sama
contoh
:
satu
buku ditambah dua buku sama dengan dua buku
1 +
2 = 3 buku
b) menjumlah dua bilangan yang
tidak sama
delapan
pisang ditambah 2 pisang sama dengan 10 pisang
8 +
2 = 10 pisang

c) menjumlah dua bilangan satu
angka
contoh
:
2
jambu ditambah 5 jambu sama dengan 7 jambu
2 +
5 = 7
d) menentukan pasangan
bilangan yang diketahui jumlahnya terbesar 20
e) menyelesaikan soal cerita
sederhana
contoh
:
ayam
betina rini 3
ajam
jantan rini 1
berapa
jumlah ayam rini?
3 +
1 = 4
Jumlah
ayam rini 4
2. pengurangan
a) mengurangkan satu bilangan
dari bilangan lain
contoh
:
enam
sawo dikurangi dua sawo sama dengan empat sawo
6 –
2 = 4
b) mengurangkan satu bilangan
dari bilangan lain dengan cara bersusun
c) menentukan pasangan
bilangan yang selisihnya ditentukan
contoh
:
pasangan
bilangan yang berselisih 5
5
dan 0
6
dan 1
7
dan 2
8
dan 3
9
dan 4
10
dan 5
d) menyelesaikan soal cerita
sederhana
contoh
:
ibu
mempunyai 8 telur, 3 telur pecah
Berapa
telur ibu sekarang ?
Jawab
:
8 – 3 = 5
Telur
ibu sekarang adalah 5 telur
d. Mengingat penjumlahan dan
pengurangan
Contoh
:
6 +
2 = 8
8 –
2 = 4
10
– 7 = 3
e. Menggunakan sifat operasi
hitung pertukaran dan pengelompokan
1. sifat pertukaran
contoh
:
3 +
5 = 8
5 +
3 = 8
Catatan
: penjumlahan memiliki sifat pertukaran dan pengurangan tidak memiliki sifat
pertukaran
2. sifat pengelompokan
contoh
:
(3
+ 2) + 1 = 6
3 +
(2 + 1) = 6
Pengerjaan
dalam kurung dilakukan lebih dahulu
f. Memecahkan masalah sehari-hari
dengan penjumlahan dan pengurangan
Contoh
:
Ayam
rahma 2
Ibunya
membelikan lagi 7
Kemudian
ayahnya membelikan lagi 3
Berapa
jumlah ayam rahma sekarang ?
2 + 7 + 3 = 11
Ayam
rahma sekarang 11
Satuan Pengukuran
Mengenal satuan waktu.
a. Mengenal konsep waktu.
· Contoh :


b. Contoh kegiatan yang
sebentar atau yang lama.
· Misalnya :


Jadi
untuk pergi ke sekolah memerlukan waktu sebentar, dan untuk pergi ke kota
memerlukan waktu lama
.
c. Mengingat pengurutan
nama-nama hari.
1. Menyebut nama-nama hari
secara berurutan.
Mari
kita pelajari dan kita ingat urutan nama-nama hari
Minggu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Sabtu
2. Mengenal hubungan hari
dengan minggu.
· 7 hari = 1 minggu.
· 1 minggu = 7 hari.
d. Membaca tanda waktu.
1. Membaca tanda waktu jam.
2. Bercerita tentang kegiatan
sehari-hari.
· Contoh :



3. Mengatur jarum jam.
e. Menyatakan lama waktu suatu
kegiatan dalam satuan jam.
· Contoh :
Sebuah
bus berangkat dari kota A pukul 06.00 dan tiba di kota B pukul 09.00
Berapa
jam lama perjalanan bus itu ?
Sumber:
http://rikadiana26.blogspot.co.id/2013/06/materi-pelajaran-matematika-kelas-1-sd.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar