Selasa, 04 Oktober 2016

Materi Matematika Kelas 1 SD


BILANGAN SAMPAI DENGAN 10


1.      Menghitung dan Mengurutkan Benda Sampai Dengan 5
a.   Membilang atau menghitung secara urut
b.  Menyebutkan banyak benda
c.   Membandingkan dua kumpulan benda
d.  Membaca dan menulis lambang bilangan
1)      Membaca lambang bilangan

Lambang bilangan
1
2
3
4
5
Cara membaca
Satu
Dua
Tiga
Empat
Lima

2)      Menulis lambang bilangan
·         1 ikan diwarnai
Tulis lambang bilangan 1 dibukumu
·         2 ayam diwarnai
Tulis lambing bilangan 3 dibukumu
e.   Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari terkecil atau terbesar
f.   Membilang loncat sampai dengan 5
Contoh :
Membilang loncat 2 dari lambang bilangan 1
        Satu       dua      tiga      empat      lima
  1             2         3            4             5
g.  Mengurutkan sekelompok bilangan dari terkecil atau terbesar

2.      Menjumlah dan mengurang bilangan sampai dengan 5
a.   Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
·     Satu pensil ditambah satu pensil sama dengan dua pensil
      1 + 1 = 2
·     Lima bola dikurangi empat bola sama dengan satu bola
5 – 4 = 1
b.  Menerjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan
c.   Membaca dan menggunakan symbol +, -, dan =
1.  Penjumlahan
a)      Menjumlahkan satu bilangan dengan bilangan yang lain
·     Satu jeruk ditambah dua jeruk sama dengan tiga jeruk
1 +  2 = 3
b)      Mengenal sifat pertukaran pada penjumlahan
·      Satu jeruk ditambah dua jeruk sama dengan tiga jeruk
1 + 2 = 3
2 + 1 = 3
c)      Menentukan pasangan bilangan yang jumlahnya diketahui terbesar 5
d)     Menyelesaikan soal cerita sederhana
Contoh :
Umi mempunyai dua pensil
Ia membeli lagi tiga pensil
Berapa pensil umi sekarang?
      2 + 3 = 5
Pensil umi sekarang 5
2.  pengurangan
a)      mengurangkan satu bilangan dari  bilangan lain (1 sampai dengan 5)

·     lima jeruk dikurangi tiga jeruk sama dengan 2 jeruk
5 – 3 = 2
b)      mengenal bilangan nol melalui pengurangan
·     satu ikan dimakan satu ikan sisanya tidak ada
1 – 1 = 0
c)      menyelesaikan soal cerita sederhana
contoh :
soni memiliki 3 balon
balon itu meletus 1
berapa balon yang tidak meletus
           3 – 1 = 2
Balon soni yang tidak meletus adalah 2 balon
3.  penjumlahan dan pengurangan
a)      menjumlahkan dan mengurangi dengan bilangan nol
contoh :
1 + 0 = 1
1 – 0 = 1
2 + 0 = 2
b)      memecahkan masalah sehari-hari dengan penjumlahan dan pengurangan
contoh :
yuda mempunyai lima balon
balon itu diberikan kepada deni 2
berapa balon yuda sekarang?
      5 – 2 = 3
Balon yuda sekarang 3
c)      mengingat penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 5
contoh :
2 + 1 = 3
4 – 1 = 3
5 – 3 = 2
3.      Menghitung dan mengurutkan banyak benda sampai dengan 10
a.   Membilang atau menghitung secara urut
Contoh :
b.  Menyebutkan banyak benda
c.   Membandingkan dua kumpulan benda
d.  Membaca dan menulis lambang bilangan
1)      Membaca lambang bilangan
Bacalah dari kanan ke kiri

Lambang bilangan
1
2
3
4
5
Cara membaca
Satu
Dua
Tiga
Empat
Lima

2)      Menulis lambang bilangan
e.   Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur
f.   Membilang loncat sampai dengan 10
g.  Mengurutkan sekelompok bilangan dari terkecil ke terbesar
4.      Menjumlah dan mengurang bilangan sampai dengan 10
a.   Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
·     Lima tomat di tambah satu tomat sama dengan enam tomat
    5 + 1 = 6

Hasil gambar untuk tomat 5    + Hasil gambar untuk tomat 1  = Hasil gambar untuk 6 tomat

·     Enam minggu dikurangi  dua minggu sama dengan empat mangga
    6 – 2 = 4
b.  Menerjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan dalam kalimat sehari-hari



c.   Membaca dan menggunakan symbol +, - dan =
1.  penjumlahan
a)      menjumlah dua bilangan yang sama
contoh :
satu buku ditambah dua buku sama dengan dua buku
1 + 2 = 3 buku
b)      menjumlah dua bilangan yang tidak sama
delapan pisang ditambah 2 pisang sama dengan 10 pisang
8 + 2 = 10 pisang


Hasil gambar untuk 8 pisang  + Hasil gambar untuk 2 pisang=Hasil gambar untuk 5  pisang
c)    menjumlah dua bilangan satu angka
  contoh :
2 jambu ditambah 5 jambu sama dengan 7 jambu
2 + 5 = 7
d)     menentukan pasangan bilangan yang diketahui jumlahnya terbesar 20
e)      menyelesaikan soal cerita sederhana
contoh :
ayam betina rini 3
ajam jantan rini 1
berapa jumlah ayam rini?
3 + 1 = 4
Jumlah ayam rini 4
2.  pengurangan
a)      mengurangkan satu bilangan dari bilangan lain
contoh :
enam sawo dikurangi dua sawo sama dengan empat sawo
6 – 2 = 4
b)      mengurangkan satu bilangan dari bilangan lain dengan cara bersusun


c)      menentukan pasangan bilangan yang selisihnya ditentukan
contoh :
pasangan bilangan yang berselisih 5
5 dan 0
6 dan 1
7 dan 2
8 dan 3
9 dan 4
10 dan 5
d)     menyelesaikan soal cerita sederhana
contoh :
ibu mempunyai 8 telur, 3 telur pecah
Berapa telur ibu sekarang ?
Jawab :
     8 – 3 = 5
Telur ibu sekarang adalah 5 telur
d.  Mengingat penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
6 + 2 = 8
8 – 2 = 4
10 – 7 = 3
e.   Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan pengelompokan
1.      sifat pertukaran
contoh :
3 + 5 = 8
5 + 3 = 8
Catatan : penjumlahan memiliki sifat pertukaran dan pengurangan tidak memiliki sifat pertukaran
2.      sifat pengelompokan
contoh :
(3 + 2) + 1 = 6
3 + (2 + 1) = 6
Pengerjaan dalam kurung dilakukan lebih dahulu
f.   Memecahkan masalah sehari-hari dengan penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
Ayam rahma 2
Ibunya membelikan lagi 7
Kemudian ayahnya membelikan lagi 3
Berapa jumlah ayam rahma sekarang ?
          2 + 7 + 3 = 11
Ayam rahma sekarang 11



Satuan Pengukuran
                                      
Mengenal satuan waktu.
       a.     Mengenal konsep waktu.
·   Contoh :
*      Jaraknya dekat, jadi waktu perjalanannya sebentar.
*      Jaraknya jauh, jadi waktu perjalanannya lama.

       b.    Contoh kegiatan yang sebentar atau yang lama.
·   Misalnya :
*      Jarak dari rumah ke sekolah dekat.
*      Jarak dari rumah ke kota jauh.
Jadi untuk pergi ke sekolah memerlukan waktu sebentar, dan untuk pergi ke kota memerlukan waktu lama
.


       c.     Mengingat pengurutan nama-nama hari.
1.      Menyebut nama-nama hari secara berurutan.
Mari kita pelajari dan kita ingat urutan nama-nama hari
Minggu
   Senin
     Selasa
         Rabu
            Kamis
                Jumat
                    Sabtu
2.      Mengenal hubungan hari dengan minggu.
·         7 hari = 1 minggu.
·         1 minggu = 7 hari.

       d.    Membaca tanda waktu.
1.      Membaca tanda waktu jam.

2.      Bercerita tentang kegiatan sehari-hari.
·   Contoh :
*      Pukul berapakah kamu tidur pukul 05.00 apakah kamu sudah bangun
*      Apakah pukul 06.00 kamu sudah sarapan
*      Apakah pukul 07.00 kamu sudah ada di sekolah
3.      Mengatur jarum jam.

       e.     Menyatakan lama waktu suatu kegiatan dalam satuan jam.
·   Contoh :
Sebuah bus berangkat dari kota A pukul 06.00 dan tiba di kota B pukul 09.00
Berapa jam lama perjalanan bus itu ?
Jawab : lama perjalanan 9-6 = 3 jam



Sumber:
http://rikadiana26.blogspot.co.id/2013/06/materi-pelajaran-matematika-kelas-1-sd.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar