Senin, 31 Oktober 2016

RPP yang Terintegrasi TIK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013
Kelas /Semester             : 4 /I
Tema                              : 3 (Peduli terhadap Makhluk Hidup)
Subtema                         :1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan                                            Rumahku
Pembelajaran                 :1
Waktu Pembelajran       :6x35 menit

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan mempelajari karakteristik alam,siswa akan lebih mudah dalam mengupayakan pelestarian di daerahnya
2.    Dengan meyusun pertanyaan tentang karakteristik alam,siswa akan dapat menggunakan bahasa baku yang baik dan benar.
3.    Dengan mencari  gambar kondisi geografis, siswa mampu mengidentifikasi karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta pemanfatan sumber daya alamnya bagi kesejahteraan masyarakat dengan teratur dan logis.Pembelajaran nextPembelajaran next

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
-     Guru memberi salam
- Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin do’a
-     Guru menyapa siswa.
-     Guru melakukan apersepsi
-     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

15 menit
Kegiatan Inti
- .Guru menjelaskan materi tentang upaya pelestarian alam secara singkat
-    Siswa dibentuk berkelompok yang terdiri dari 2 anak.
-   Siswa membagi kelompok dengan istilah Ganjil dan Genap.
-    Siswa diinstruksikan untuk melihat blog yang telah disediakan guru
-   Blog yang dibuat oleh guru berisi tentang materi pelajaran yang akan dipelajari dan juga berisi 2 instruksi lanjutan kegiatan.
-    Instruksi yang pertama,setiap  kelompok siswa genap   mencari gambar peta kanampakan alam di daerah Kebumen dan setiap kelompok yang ganjil mencari gambar peta kenampakan alam di daerah wonosobo  dengan memanfaatkan aplikasi maps di  google (Mozila,export,opera,dll) untuk mengidentifikasi karakteristik  alam
-    Setiap kelompok mencermati karakteristik alam masing-masing daerah.
-    Masing-masing kelompok menyimpan gambar peta yang telah dicari dan dibuat folder dengan nama TugasKu menggunakan flashdisk
- Setelah mencermati dan menyimpan gambar,guru menginstruksikan setiap kelompok ganjil dan genap  untuk saling menukarkan gambar yang telah disimpan di fd
-    Guru memberikan instruksi kembali agar setiap kelompok yang telah menukarkan gambarnya untuk mempelajari karakteristik alam di daerah lain.
- Masing-masing kelompok yang telah mengidentifikasi karakteristik kenampakan alam,setiap kelompok  diinstruksikan untuk menganalisiss perbedaan kenampakan alam 2 daerah yang berbeda  yang dibuat dalam bentuk tabel dengan menggunakan apliksi  pengolah data MS.Word
-    Untuk menambah pengetahuan tentang pelestarian alam dalam kenampakan alam tersebut,Guru menginstruksikan siswa untuk menuliskan daftar pertanyaan yang berhubungan dengan pelestarian alam dengan menggunakan aplikasi pengolah data MS.Word
-    Dalam menyusun daftar pertanyaan mancakup beberapa hal tentang:
·  Penyebab ketidakseimbangan alam
·  Masalah yang ditimbulkan
·  Upaya pelestarian alam
-    Guru menginstruksikan 1 kelompok untuk mengirim daftar pertanyaan ke e-mail guru dengan format Nama_No Absen untuk di ACC terlebih dahulu
-    Guru melakukan feedback dengan membalas e-mail yang berisi persetujuan dari daftar pertanyaan  ataupun berisi koreksi dari daftar pertanyaan
-    Guru memberikan tugas kepada kelompok tersebut untuk  mencetak (print) daftar pertanyaan tersebut setelah mendapat acc  sebagai bukti laporan dalam pembelajaran
180 menit
Penutup
-     Guru mengulas kembali kegiatan yang sudah dilakukan dan meminta siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang baru saja mereka lakukan dengan menjawab pertanyaan:
# Bagaimana perasaan kalian mengikuti kegiatan hari ini?
# Kegiatan apa yang paling kamu sukai?  Mengapa?
# Kegiatan mana yang paling mudah/sulit? Mengapa?
# Sikap apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari setalah tadi kita belajar?
-       Guru memberikan penguatan dan kesimpulan tentang pembelajaran hari ini.
-       Guru memberi evaluasi dan pengayaan kepada siswa
-       Meminta seorang siswa memimpin doa. Siswa memberi salam pada guru. Guru mengingatkan siswa untuk memberi salam pada orang tua.
15 menit

Pembelajaran next




Tidak ada komentar:

Posting Komentar